Rabu, 10 Juli 2013


Kisah Nabi Isa a.s.

Nabi Isa adalah putra Maryam, Maryam adalah putri Imran. Tokoh Bani Israil. Sejak Imran meninggal dunia, Maryam diasuh oleh Nabi Zakaria di lingkungan Baitul Magdis sampai dewasa. Ia gadis yang suci, dan saleha sangat patuh pada Allah swt., Maryam tidak mengenal laki-laki.

Suatu ketika Malaikat Jibril diutus oleh Allah swt., untuk memberi kabar bahwa Maryam akan mengandung dan melahirkan anak laki-laki. Hal ini membuktikan bahwa allah mahakuasa. Allah swt. Biasa menciptakan manusia tanpa iu yaitu Nabi Adam a.s.

Ketika akan melahirkan, Maryam mencari tempat yang sepi dan jauh dari ejekan dan fitnah, sehabis melahirkan putranya dibawa pulang kembali Nabi Isa a.s. lahir dikota Betlehem atau Palestina pada tahun 622 sebelum Hijriah. Tahun kelahirannya dijadikan sebagai awal perhitungan tahun masehi. Maryam berpuasa untuk tidak berpuasa dengan manusia.

Ketika banyak orang bertanya , Maryam bungkam dan disuruh tanya sama bayinya, dan atas ijin Allah swt., dalam surat Maryam yang Artinya :
”Sesungguhnya aku ini hamba Allah. Dia memberiku kitab ( Injil ) dan dia menjadikan aku seorang Nabi”.

Pada usia 30 tahun Isa diangkat Allah menjadi Nabi dan Rosul diberi Kitab Injil.
Dan Nabi Isa bertugas :

Mengajak Bani Israil kembali ke jalan yang lurus, hanya menyembah kepada Allah, saling menyayangi, menghormati dan tolong menolong membantu orang yang membutuhkan, dia juga memberi teladan dengan cara mengobati orang yang kelaparan.

Dalam menjalankan perintah Allah Nabi Isa pun mengalami banyak rintangan, hanya sedikit orang yahudi yang percaya kepanya. Pengikut hanya 12 orang, yang benar-benar setia dan beriman. Sebutan bagi mereka adalah Hawariyun.

Dakwah nabi Isa adalah membawa ajaran tauhid dan mengabaikan kalau ada nabi yang terakhir, sehingga orangYahudi tambah marah orang-oran yahudi menuduh Nabi Isa telah memecah belah bangsa Yahudi sehingga penguasa negri memutuskan untuk membunuh Nabi Isa.

Mendengar akan dibunuh, Nabi Isa bersembunyi disuatu rumah yang sunyi, namun yang bernama Yudas iskairot ( yahuza ) berkhianat, sehingga mereka tahu tempat persembunyiannya. Dengan kekuasaan Allah, Yudas disamakan wajahnya, sehingga mereka salah tangkap dikiranya Nabi Isa, sehingga mereka langsung menangkap dan menyalibnya di bukit Golgota. Nabi Isa diselamatkan dan diangkat ke langit oleh Allah swt.

Adapun mukjizat Nabi Isa yaitu :
-          dapat mengobati penyakit lepra,
-          dapat mengobati orang yang buta,
-          dapat mendatangkan makanan dari langit,
-          dapat menghidupkan orang yang sudah mati,
-          mendapat kitab Injil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar