Jumat, 05 Juli 2013


Penyakit Pada alat Pencernaan

Penyakit yang dapat menyerang system pencernaan antara lain :

1.   Sariawan

Sariawan adalah penyakit radang pada rongga mulut dan lidah yang ditandai dengan timbulnya luka bernanah pada daerah tersebut. Sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan zat besi, sering makan makanan panas, tergigit, dan kurang menjaga kebersihan mulut.

2.    Gigi berlubang

Gigi berlubang dapat disebabkan adanya kotoran didalam rongga mulut. Kotoran ini berasal dari sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Hal ini mengakibatkan tumbuhnya bakteri penyebab gigi keropos dan berlubang.

3.    Diare

Diare merupakan gangguan pada alat pencernaan yang menyebabkan penderita mengalami buang air besar secara terus-menerus. Penyakit ini disebabkan kerena makanan yang dimakan tidak terjaga kebersihannya.

4.    Maag

Maag merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan asam di dalam lambung. Hal ini biasanya diakibatkan karena pola makan tidak teratur, kelelahan akibat bekerja, dan stres. Gejala penyakit ini diantaranya adalah rasa sakit di ulu hati dan perut terasa mual.

5.    Apendisitas (Radang Umbai Cacing )

Radang pada umbai cacing ditandai sakit pada perut sebelah kanan bawah dan biasanya disertai dengan demam. Umbai cacing ( apendiks ) adalah tonjolan kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk di apendiks dan membusuk sehingga memudahkan kuman tumbuh dengan cepat sehingga usus mengalami infeksi dan bernanah.


6.    Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit radang hati yang disebabkan aleh virus. Tanda-tanda hepatitis antara lain : tubuh lemas, air seni berwarna cokelat seperti the, warna kulit dan bagian putih mata berubah menjadi kekuning-kuningan.

7.    Tifus

Tifus disebabkan aleh bakteri. Bagian alat pencerna makanan yang diserah adalah usus halus. Tanda-tanda penyakit tifus adalah suhu tubuh tinggi disertai diare. Penyakit tifus dapat menular melalui makanan dan minuman.

8.    Disentri

Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserang adalah usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terus- menerus. Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan makan.

9.    Sembelit

Sembelit disebabkan makanan yang kurang serat sehingga menjadi susah buang air besar. Serat makanan akan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air. Akibatnya, sisa makanan menjadi padat sehingga susah dikeluarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar